Dolar AS Sempat Sentuh Rp 13.600, Rupiah Melemah 1,6% di Oktober

Nilai tukar rupiah melemah cukup dalam pada Oktober 2017 terhadap dolar Amerika Serikat (AS). Bahkan mata uang negeri paman Sam tersebut sempat sentuh level Rp 13.600.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo menyatakan, pelemahan rupiah selama Oktober 2017 secara rata-rata harian, melemah 1,63% menjadi Rp 13.528/US$.

“Selama Oktober rupiah melemah 1,63%,” ungkap Agus dalam konferensi pers di Kantor Pusat BI, Jakarta, Kamis (16/11/2017).

Agus menyatakan, kondisi rupiah pada periode tersebut tidak jauh berbeda dengan yang dialami mata uang di banyak negara terhadap dolar AS. Ini dipengaruhi oleh pengaruh dari AS itu sendiri.

“Dolar AS menguat secara global sebagai dampak dari respon pasar keuangan terhadap dinamika proses pencalonan pimpinan Bank Sentral, normalisasi kebijakan moneter, meningkatnya ekspektasi kenaikan suku bunga, serta rencana reformasi pajak di AS,” terangnya.

“Bank Indonesia tetap melakukan langkah-langkah stabilisasi nilai tukar sesuai nilai fundamentalnya dengan tetap menjaga bekerjanya mekanisme pasar,” tegas Agus.

Post Terkait