Dolar Dekati Rp 13.800 Lagi

Nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) terhadap rupiah masih tinggi. Dolar stagnan berada di kisaran Rp 13.750. Namun sore ini pergerakan dolar AS terpantau menguat dan menekan rupiah di Rp 13.773.

Mengutip data Reuters, Selasa (6/3/2018), dolar AS berada di level Rp 13.773 pada sore ini. Posisi tersebut mendekati Rp 13.800 yang juga sempat dicatat pada perdagangan pekan lalu.

Berdasarkan grafik pergerakan dolar terhadap rupiah di Reuters, dolar pada hari ini terus naik meski kenaikannya tidak terlalu besar. Dolar sempat menyentuh level Rp 13.750 dan terus menanjak dan ditutup di Rp 13.773, sore ini.

Pekan lalu, dolar bahkan sempat menyentuh level Rp 13.800.

Pelemahan rupiah ini masih dipengaruhi oleh Pidato Gubernur Bank Sentral Amerika Serikat, Federal Reserve (The Fed) Jerome Powell. Pelaku pasar juga menyikapi berbagai pidato dari pejabat The Fed yang sejauh ini memberikan, pernyataan hawkish.

Jerome Powell optimistis terhadap perekonomian AS serta tingkat inflasi yang masih dapat meningkat. Adapun pasar berspekulasi kenaikan suku bunga The Fed akan mencapai empat kali dalam tahun ini.

Post Terkait