Dibuka Menguat, Bursa Asia Respons Keunggulan Shinzo Abe

Bursa saham di Asia dibuka menguat pada hari ini karena dolar Amerika Serikat (AS) melonjak terhadap mata uang Yen. Hal tersebut menyusul hasil pemilihan umum Jepang yang digelar pada Minggu malam.

Seperti dilansir CNBC, Senin (23/10/2017), Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe bersama partainya, Partai Demokrasi Liberal (LDP) diperkirakan kuat memenangkan pemilihan umum. Penghitungan cepat yang dilakukan menunjukkan LDP diprediksi meraih 312 kursi dari total 465 kursi kamar bawah parlemen.

Kemenangan Abe yang solid di poling menunjukkan adanya kelanjutan program miliknya, Abenomik. Kebijakan Abe tersebut dikatakan hyper-easy monetery.

Munculnya berita tersebut membuat dolar melonjak ke 113,99 yen atau tertinggi dalam 3 bulan. Perkembangan tersebut disambut oleh investor.

Indeks acuan Jepang, Nikkeu 225 melonjak 1,01% pada awal perdagangan. Beberapa saham seperti Nissan naik tipis 1,44 %, Mitsubishi Motor naik 2,34 % dan Sony naik 1,13 %.

Sementara itu, indeks acuan Korea, Kospi naik 0,18 % dengan sektor teknologi naik di awal perdagangan. Saham Samsung Electronics naik 0,63 % dan SK Hynix naik 1,97 %.

Selanjutnya, indeks acuan Australia ASX 200 naik 0,08 %. Layanan telekomunikasi naik 1,21 %, memimpin kenaikan pada indeks meski diimbangi oleh kerugian pada komponen konsumen dan stok emas. Sedangkan untuk pasar di Thailand dan Selandia Baru ditutup hari ini karena libur.

Post Terkait