Darmin: Kita Bisa Gagah Bicara Ekonomi RI di Forum Internasional

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution meyakini pertumbuhan ekonomi Indonesia masih bisa dibanggakan di dalam forum-forum skala internasional.

Hal tersebut diungkapkannya saat menjadi pembicara di acara Simposium Nasional Sistem Perekonomian Untuk Mewujudkan Kesejahteraan Sosial, Gedung MPR, Jakarta, Rabu (12/7/2017).

Darmin menyebutkan, perkembangan ekonomi Indonesia beberapa tahun terakhir telah mengalami perbaikan meskipun tumbuhnya hanya sedikit. Pertumbuhan tersebut terlihat dari indikator seperti pertumbuhan ekonomi, tingkat inflasi, tingkat kemiskinan, tingkat ketimpangan, dan tingkat pengangguran.

“Kalau dijejerkan 9-10 tahun terakhir inilah kita, di mana kalau pertumbuhan ekonomi datanya 2014, tadinya menurun sekarang sedikit menaik, inflasinya dibandingkan 4-5 tahun lalu jelas membaik, tingkat kemiskinan secara konsisten 10 tahun terakhir membaik,” kata Darmin.

Perbaikan ekonomi juga dikarenakan adanya perbaikan pada tingkat ketimpangan di Indonesia yang sebelumnya dikarenakan krisis keuangan pada 1998 saat ini sudah bergeser kepada sektor Sumber Daya Alam (SDA), seperti pertambangan, dan sedikit di sektor perkebunan.

“Kalau 2 tahun terakhir membaik, gini rasio dari 2013 yang tinggi 0,41 sekarang 0,394 akhir tahun lalu, turun tapi sedikit, tingkat pengangguran juga,” jelas dia.

Untuk mempertahankan laju perekonomian Indonesia yang sudah berada pada tren yang membaik. Darmin mengungkapkan, pemerintah tengah menyusun kebijakan-kebijakan salah satunya terkait dengan pemerataan ekonomi.

“Jadi kalau bicara dunia internasional, kita bisa gagah bilang kalau pertumbuhan ekonomi kita tumbuh walaupun sedikit tapi kualitasnya bagus,” tukas dia.

Post Terkait