Darmin Harap Tahun Depan Ada 50 Perusahaan Catat Saham di Pasar Modal

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution berharap, pada tahun depan lebih banyak lagi perusahaan yang melantai di pasar modal (Initial Public Offering/IPO) dibandingkan dengan tahun ini.

Darmin menyebutkan, pada tahun 2017 ada 37 perusahaan yang berhasil melantai di pasar modal.

“Tahun ini 37 IPO dan bagus. Kami harapkan tahun depan ya lebih dari itu, ya 50 itu bagus,” kata Darmin di Lobi Utama Gedung BEI, Jakarta, Jumat (29/12/2017).

Menurut Darmin, dengan semakin banyaknya perusahaan yang IPO maka akan berdampak baik juga terhadap pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).

Seperti pada tahun ini, IHSG ditutup dengan mencetak rekor tertinggi sepanjang masa di level 6.355 atau meningkat sekitar 19% dari posisi awal tahun 5.290.

Oleh karena itu, kata Darmin, Bursa Efek Indonesia untuk terus mensosialisasikan kepada perusahaan-perusahaan yang belum go public untuk segera melantai di pasar modal.

“Kalau yang IPO enggak tinggi atau banyak, kenaikan indeks akibatnya adalah harga saham naik. Bagus sih buat perusahaan. Tapi kalau yang IPO lebih banyak, banyak investor yang nikmati,” tutup dia.

Post Terkait