Caplok Anak Usaha Saratoga, Medco Energi Kucurkan Rp1,63 Triliun

PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) melakukan akuisisi 784.840 saham PT Saratoga Power. Dengan demikian, perseroan telah menguasai 77,68% saham perusahaan tersebut.

Melansir keterbukaan informasi yang diterbitkan perseroan di situs Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat (6/10/2017), akuisisi PT Saratoga Power dilakukan lewat PT Saratiga Sentr Business dan S Asia III Luxembourg SARL. Guna mengambil saham tersebut, perseroan menyiapkan mahar sekira USD129,21 juta atau sekira Rp1,63 triliun jika mengacu kurs Rp13.300 per USD.

Dengan adanya akuisisi ini, diharapkan memberikan dampak positif bagi kelangsungan usaha dan operasional perusahaan.

Sebelumnya, PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) telah menerbitkan obligasi berkelanjutan II. Penerbitan obligasi ini merupakan rangkaian dari obligasi berkelanjutan II Medco Energi Internasional sebesar Rp5 triliun. Obligasi tersebut diterbitkan dalam enam tahap. Adapun penawaran tahap VI kali ini, menargetkan dana sebesar Rp565,5 miliar.

Obligasi tersebut, akan diterbitkan dalam dua seri, dengan seri A sebesar Rp415 miliar, memiliki bunga sebesar 10,3% per tahun, dengan jangka waktu obligasi 42 bulan. Sementara seri B, sebesar Rp151,5 miliar dengan bunga obligasi sebesar 10,8% per tahun dengan tenor 60 bulan.

Dana yang diperoleh dari hasil Penawaran Umum Obligasi, setelah dikurangi dengan biaya-biaya emisi, seluruhnya akan digunakan untuk belanja modal, termasuk belanja modal yang akan muncul dari akuisisi aset di masa yang akan datang.

Post Terkait