BUSINESS HITS: Penghasilan 71% Warga Indonesia di Bawah USD3 per Hari

Dari total penduduk Indonesia saat ini, 71% di antaranya memiliki penghasilan di bawah USD3 per hari. Hal tersebut dinilai belum bisa mendongkrak perekonomian Indonesia.

Asisten Deputi V Bagian Logistik Kementerian Koordinator (Kemenko) Perekonomian Erwin Raza mengatakan, para pekerja yang berada di bawah tingkat kemiskinan nasional, tidak mendapat kesempatan untuk terlibat langsung dalam proses bisnis yang terus berkembang.

Pemerintah mengajak langsung masyarakat yang masuk ke dalam kategori miskin untuk terlibat langsung dalam perusahaan. Untuk itu dibentuklah Kelompok Kerja (Pokja) Inovasi dan Bisnis Inklusif pada 2016 dengan tujuan untuk mengembangkan konektivitas dari desa ke pasar kota dan global, terutama untuk komoditas pertanian, perikanan, dan UMKM.

“Pemerintah telah lakukan banyak hal untuk menggerakkan sektor informal yakni sektor UMKM. Beberapa kebijakan menyangkut sektor UMKM ada program KUR, KUR berbasis ekspor, PNPM, menciptakan iklim kondusif melalui regulasi, penjaminan usaha mikro, serta memperbesar akses perkreditan bagi lembaga keuangan,” terangnya.

Post Terkait