Buntuti Wall Street, Pasar Saham Asia Naik ke Level Tertinggi

Pasar saham Asia dibuka menguat karena investor mempertanyakan pengetatan kebijakan di Amerika Serikat (AS). Pengetatan ini pun mengangkat Wall Street ke level tertinggi dan menurunkan imbal hasil obligasi hampir di seluruh negara.

Dolar Kanada menjadi pemenang, setelah meroket ke level tertinggi 11 bulanan, setelah bank sentral Kanada menaikkan suku bunga untuk pertama kalinya dalam tujuh tahun dan membuka pintu lebar untuk kenaikan lebih jauh.

Indeks MSCI, indeks terbesar di Asia-Pasifik di luar Jepang, naik 0,45% ke level tertinggi sejak pertengahan 2015. Indeks Nikkei Jepang menguat 0,4% dan indeks utama Australia melonjak 1%.

Di Wall Street, indeks Dow naik 0,57%, sementara indeks S&P 500 naik 0,73% dan indeks Nasdaq 1,10%. Indeks real estat S&P 500 tingkat suku bunga melonjak 1,3% dan menjadi kenaikan terbesarnya dalam sekira empat bulan.

Ekuitas ditopang oleh penurunan imbal hasil obligasi, karena Yellen masih waspada terhadap inflasi dan mencatat bahwa the Fed tidak perlu menaikkan suku bunga lebih jauh untuk mencapai perkiraan tingkat suku bunga netral saat ini.

Post Terkait