Bikin Kaget, Harga Sekeping Bitcoin Tembus Rp 74 Juta

Pergerakan harga Bitcoin kembali mencengangkan. Mata uang digital (criptocurrency) itu kembali kembali cetak rekor penguatan.

Mengutip data Coindesk hari ini harga Bitcoin menguat 3,48% ke level US$ 5.628,56. Sementara menurut data Bitcoin Indonesia saat ini 1 keping Bitcoin sudah di harga Rp 73,9 juta.

Angka tersebut sudah jauh di atas level rekor pada pertengahan Agustus 2017 yang mencapai US$ 4.139 atau Rp 55 juta.

Alasannya, mata uang digital baru yang masih berusia 9 tahun itu masih sangat mudah berfluktuatif dan lebih likuid dibandingkan dengan mata uang dan aset konvensional.

Banyak sentimen yang menjadi katalis Bitcoin saat ini, seperti update perangkat lunaknya, Goldman Sachs yang mempertimbangkan akan ikut menawarkan Bitcoin, rumor China membatasi Bitcoin hingga krisis politik di Spanyol.

Tapi faktor utama lainnya bisa jadi karena perminaan dari investor yang ingin ikut masuk ke pasar Bitcoin yang dianggap telah memberikan keuntungan jauh dari mata uang biasanya sejak 2010.

“Orang-orang hanya ingin menjadi bagian dari itu,” kata Head of FX Trading and Market Strategy Swiss Bank, Ryan Nettles di lansir dari Reuters.

Post Terkait