Biar Kantong Tak Jebol, Coba 5 Cara Hemat saat Belanja

Banyak orang yang melakukan sesuatu demi menghemat pengeluaran bulanan. Mulai dari membuat anggaran sampai dengan membeli barang dalam jumlah banyak (belanja bulanan).

Bagi mereka yang berbelanja kebutuhan rumah tangga di supermarket, tentu harus mempunyai strategi pengelolaan keuangan yang tepat.

Berikut tips menghemat pengeluaran belanja bulanan Anda yang dikutip dari Laruno.com:

1. Membuat Daftar Belanja

Meski terlihat kuno, tetapi daftar belanja menjadi senjata ampuh untuk mengerem pengeluaran bulanan yang sebenarnya tidak terlalu diperlukan. Sehingga bisa lebih fokus membeli barang sesuai dengan kebutuhan dan daftar belanjaannya.

2. Hindari Belanja Menggunakan Kartu Debit

Berbelanja menggunakan kartu debit memunculkan rasa punya uang di pikiran. Agar di akhir bulan tidak kehabisan uang, sebaiknya hindarilah kegiatan menggesek kartu debit.

Akan lebih baik jika Anda selalu membawa uang kas dalam dompet. Batasi penggunaan kartu debit hanya kalau benar-benar perlu, meskipun tengah ada diskon belanja spesial.

3. Hindari Minimarket di Akhir Bulan

Saat hendak pergi ke minimarket, Anda hanya bertujuan membeli minuman. Namun, akhirnya tergoda juga ingin membeli camilan dan pembersih muka varian baru. Tak jarang, barang-barang yang terpampang di rak minimarket menggoda. Padahal, niat Anda adalah berhemat.

Supaya godaan semacam ini tidak datang lagi, sebisa mungkin hindari mampir ke minimarket demi keamanan keuangan, apalagi di akhir bulan. Kecuali, kalau Anda memang benar-benar ingin membeli kebutuhan bersifat mendesak, misalnya kebutuhan pokok.

4. Menyimpan Struk Belanja Bulanan

Cara sederhana ini membuat Anda benar-benar tahu berapa uang yang masih dipunya. Hal ini juga bisa membantu membandingkan pengeluaran tiap bulannya.

Jadi mulai sekarang, biasakanlah menyimpan struk belanja bulanan, lalu masukkan semua pengeluaran dalam catatan. Hal ini tak hanya berlaku untuk kegiatan belanja offline saja, akan tetapi juga berlaku bagi belanja online.

5. Mengatur Intensitas Belanja

Berbelanja dengan nominal besar di awal bulan memang kerap dilakukan oleh banyak orang. Itu sah-sah saja, tapi ini juga sering membuat kantong terkuras di awal bulan, apalagi bagi yang berpenghasilan pas-pasan.

Belum sampai pertengahan bulan, uang sudah habis entah ke mana. Oleh karenanya, mulailah atur intensitas belanja dari sekarang.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk menghemat saat belanja bulanan dan untuk pengelolaan uang yang tepat. Asalkan Anda disiplin maka semua itu bisa terwujud. Semoga bermanfaat.

Post Terkait