BI: Pendapatan Per Kapita RI US$ 3.600/Tahun, Negara Tetangga US$ 9.000/Tahun

Memperingati hari ulang tahun ke-72 Republik Indonesia, pendapatan perkapita masyarakat Indonesia diharapkan bisa meningkat dari posisi sekarang yang sebesar US$ 3.600.

Pendapatan perkapita adalah pendapatan rata-rata penduduk selama satu tahun dalam suatu negara.

Gubernur BI, Agus Martowardojo mengatakan dengan pendapatan yang lebih tinggi maka harus diwujudkan ekonomi yang bisa lebih mensejahterakan rakyat.

“Harapannya sekarang dari sisi ekonomi, kita masih negara dengan incomeper kapita US$ 3.600. Negara tetangga sudah di atas US$ 9.000. Karena itu kita harus memakmurkan rakyat dan membangun negara yang berkeadilan,” kata Agus di Gedung BI, Kamis (17/8/2017).

Dia mengatakan, jika membicarakan terkait pendapatan perkapita yang lebih tinggi maka harus diiringi dengan ekonomi yang inklusif.

“Jadi tidak ada jarak antara si kaya dan si miskin, semua harus dapat menikmati hasil kemerdekaan dan kemajuan bangsa,” imbuh dia.

Menurut dia, momen kemerdekaan harus diisi dengan karya pembangunan yang berkualitas dan dapat memakmurkan rakyat atau penduduk. Dia mengharapkan, Indonesia bisa seperti negara-negara di dunia yang memiliki kemandirian.

Agus menjelaskan momen kemerdekaan Indonesia ini harus disyukuri oleh masyarakat dalam mencapai kebebasan menjadi manusia yang bermartabat, negara yang berdaulat. “Kemerdekaan ini adalah anugerah bagi RI dan rakyatnya,” ujar dia.

Post Terkait