Begini Seharusnya Keuangan Anda di Usia 30 Tahunan

Tiga puluh. Yes big three O angka yang sudah tidak bisa main-main dan buat kesalahan lagi, terutama kesalahan yang berhubungan dengan keuangan. Ulang tahun ke 30 adalah waktu yang sangat tepat untuk mulai menambah investasi dengan tujuan keuangan jangka panjang, yang seharusnya sudah dimulai dari ketika anda masih di usia 20 tahunan (baca artikel serupa untuk anda yang berusia 20 tahunan).

Kenapa 30 tahunan usia yang pas? Karena saat ini seharusnya anda sudah mulai paham dan jelas ke mana arah hidup dan keuangan anda ke depannya. Di usia 30 tahunan anda biasanya sudah mulai terbiasa hidup sendiri, apakah dengan cara ngekos, sewa rumah, sewa apartemen?

Atau bahkan sudah mulai mencicil apartemen pertama anda. Sebagian dari anda juga mungkin sudah menikah dan mempunyai anak pertama dan memulai keluarga baru. Otomatis persiapan memiliki anak dan dana pendidikan untuk anak anda adalah bagian penting dari rencana keuangan jangka panjang anda dan keluarga.

Apabila saat ini usia anda di 30 tahunan, maka anda juga masih termasuk ke dalam golongan generasi milenials yang sedang ramai diperbincangkan di seluruh dunia terutama di Amerika Serikat. Bahkan biro sensus di negara paman Sam ini menyatakan bahwa 57% dari anda yang berusia 30 tahunan saat ini sudah menikah dan membangun keluarga, sementara 47% di antaranya sudah mempunyai anak dan 30% di antaranya sudah memulai cicilan rumah pertama mereka.

Meskipun banyak generasi milenial yang lebih suka memanfaatkan taksi dan ojek online di Indonesia, tapi memiliki kendaraan meskipun kecil masih menunjukan adanya keinginan menjadikan uang anda berbentuk barang (bisa aset produktif atau aset terdepresiasi).

Punya kendaraan sudah tidak wajib lagi dan bukan menjadi ukuran status social bagi sebagian milenial, tapi mempunyai kendaraan menunjukan anda juga setidaknya belajar menyisihkan uang anda untuk membeli aset tersebut.

Ketika anda sudah memasuki usia 30 tahun, sudah sewajarnya anda punya tabungan dana tahu investasi yang cukup. Bahkan nilai tabungan anda seharusnya sudah mencukupi untuk biaya hidup selama 1 tahun.

Dengan kata lain, emergency fund atau dana darurat anda sudah mencapai 12 bulan. Bahkan bila anda sudah mencapai usia 35 tahunan, maka tabungan dan investasi anda (dana likuid) harusnya berjumlah dua kali dari penghasilan tahunan anda.

Nah, sekarang coba cek keuangan anda apakah sudah sampai di situ? Bila belum berarti ada yang salah tuh.

Angka di atas tadi adalah angka ideal dan yang seharusnya sudah anda miliki. Permasalahannya tidak semua orang bisa menabung apalagi untuk tabungan dan investasi dana pensiun.

Kemungkinan sebagian dari anda juga masih berusaha hidup dari bulan ke bulan gajian anda. Anda dari anda juga belum memikirkan berapa banyak uang yang akan anda butuhkan ke depannya.

Permasalahan bertambah parah karena banyak milenial yang memasuki usia 30 tahunan lebih suka menggunakan uang mereka untuk jalan-jalan keliling Indonesia ataupun keliling dunia. Sebagian dari mereka bahkan cenderung tidak membeli rumah pertama atau apartemen karena berfikiran akan membeli rumah yang lebih besar lagi ketika sudah berumah tangga dan memiliki anak.

Yang lebih menyeramkan lagi, sebagian OK dengan menyelenggarakan pesta pernikahan dengan cara berutang demi menjaga gengsi. Akibatnya tadi, boro-boro mereka bisa menyimpan dan berinvestasi untuk dana pensiun. Padahal bila dihitung untuk pensiun yang masih 25-30 tahun lagi, anda generasi milenial akan butuh dana di atas Rp 50 miliar.

Dana Pendidikan dan Dana Pensiun adalah 2 tujuan keuangan jangka panjang yang harus dipersiapkan dengan baik dan benar karena akan membutuhkan dana yang sangat besar jumlahnya.

Bila anda gagal mempersiapkan dana tersebut, maka anda harus bekerja lebih keras lagi untuk mengumpulkan uang yang lebih banyak lagi untuk ‘menambal’ kekurangan dana Pendidikan dan dana Pensiun tersebut, dan jumlahnya tidak sedikit.

Justru sekarang saatnya anda belajar untuk bisa melakukan perhitungan tujuan keuangan dan memulai berinvestasi dengan baik dan benar.

Post Terkait