Banyak Kendala, Penanganan Permukiman Kumuh di 30 Wilayah Selesai 2019

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya memfokuskan penanganan permukiman kumuh di 30 Kabupaten/Kota. Ditargetkan penataan permukiman yang lebih baik ini bisa selesai sekira 2019.

Menurut Sekretaris Ditjen Cipta Karya Rina Agustin, sampai sekarang sebenarnya penangan permukiman kumuh sudah dilakukan. Namun dalam penyelesaiannya banyak kendala karena ketidaktahuan masyarakat terhadap penanganan kawasan kumuh ini.

 Untuk itu, penangan permukiman ini akan difokuskan lebih prioritas ke 30 Kabupaten/Kota. Di mana dalam penanganan kawasan kumuhnya, ada dukungan, komitmen, peran aktif Pemerintah Daerah (Pemda) untuk membereskan kawasan kumuh di wilayahnya.

“30 Kabupaten/Kota ini akan dijadikan percontohan penanganan kawasan kumuh. Karena jika dilihat kota di Indonesia itu ada banyak. Jadi harapannya dari 30 Kabupaten/Kota ini, kota-kota lainnya bisa mengikuti,” tuturnya di Gedung Cipta Karya, Jakarta, Selasa (5/9/2017).

Rina menambahkan, dalam penanganan permukiman kumuh ini tentu pemerintah tidak bisa sendiri. Harus melibatkan peran aktif masyarakat pada setiap tahapannya, baik pada tahap perencanaan, pelaksanaan, hingga pemanfaatan dan pemeliharaan.

“Kami akan melakukan sosialisasi dari non pemerintah seperti mengajak kemitraan habitat seperti NGO, developer untuk bisa membangun infrastruktur di sekitar aktivis mereka. Kita juga ajak organisasi seperti filatropi untuk berkontribusi dalam proses kawasan layak huni termasuk Kementerian Perdagangan juga kita akan untuk menata pasarnya yang kumuh,”tuturnya.

Berikut 30 Kabupaten/Kota yang akan ditangani kawasan kumuhnya :

Sumatera

1. Banda Aceh

2. Lhokseumawe

3. Medan

4. Tanjung Pinang

5. Pekanbaru

6. Palembang

Jawa

7. Kabupaten Tangerang

8. Cirebon

9. Bogor

10. Semarang

11. Surakarta

12. Tegal

13. Pekalongan

14. Yogyakarta

15. Malang

16. Surabaya

Kalimantan

17. Banjarmasin

18. Balikpapan

19. Palangka Raya

20. Pontianak

21. Tarakan

Sulawesi

22. Makasar

23. Palu

24. Manado

25. Kendari

Nusa Tenggara

26. Mataram

27. Bima

Maluku

28. Ambon

Papua

29. Sorong

30 Jayapura

Post Terkait