Bahaya Cicilan Besar, Gaji Anda Bisa Langsung Habis

Saat memutuskan untuk mengajukan cicilan tentunya harus mempertimbangkan keadaan keuangan agar tidak terlalu menekan angka yang besar hanya untuk membayar cicilan.

Ada banyak alasan kenapa kita harus memutuskan untuk melakukan cicilan, seperti kesesuaian kebutuhan yang sangat perlu untuk dipenuhi.

Tapi terkadang, walaupun sudah mempertimbangkan berbagai hal untuk mencicil sesuatu, ada saja bahaya yang harus dihindari ketika melakukan cicilan.

Perencana Keuangan Andy Nugroho mengatakan, kebutuhan primer seperti rumah sangat relatif jika dilakukan dengan cicilan. Sekalipun rumah yang dibeli mahal dan bagus, itu juga agar keluarga lebih nyaman beraktivitas.

Pertama, pengeluaran setiap bulan yang terkuras untuk membayar cicilan. “Jika cicilan terlalu besar, nanti yang ada penghasilan per bulan yang kita dapat habis buat bayar cicilan,” ujarnya kepada Okezone.

Kedua, gaya hidup yang modernitas. Kadang kita selalu ingin lebih dan terlihat mengikuti tren agar tidak dibilang kuno.

“Misalnya selalu ingin gonta-ganti mobil hanya untuk dianggap keren oleh orang lain. Hal seperti inilah yang harus diubah untuk mengurangi biaya beban karena harus membayar cicilan,” jelasnya.

Ketiga, Sulit menjaga finansial. Angka sehat untuk mengambil cicilan sesuai dengan gaji yaitu sekitar 30% dari pengeluaran setiap bulan.

“Misal kalau ingin mencicil motor, lebih baik cicilan yang diambil tidak melebihi dari angka 30%, yang ada nantinya tidak bisa menikmati penghasilan serta mencukupi kebutuhan yang lain,” tukasnya.

Post Terkait