Bagaimana Prospek Saham Lonsum di Tengah Potensi Kenaikan Harga CPO?

Harga minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) akhir tahun 2017 diprediksi mengalami kenaikan. Hal itu bakal memberikan imbas positif terhadap kinerja emiten yang bergerak di bidang kelapa sawit.

Misalnya PT London Sumatra Indonesia Tbk (LSIP) atau yang lebih dikenal dengan Lonsum. Analis Recapital Sekuritas Kiswoyo Adi Joe memperkirakan, seiring dengan naiknya harga CPO, saham LSIP berkemungkinan akan tumbuh positif. Dia memproyeksikan harga saham LSIP akan berada di-range Rp1.799.

 “Dengan asumsi ROE LSIP yang kami prediksi pada akhir tahun sebesar 11%, beta saham LSlP 0,18, Risk Free Return sebesar 4,5%, PE tertinggi LSIP 10x, serta pertumbuhan EPS LSIP rata-rata sebesar 10%. Maka kami melihat harga wajar LSIP pada 12 bulan mendatang akan berada di level Rp1.799,” kata dia dalam risetnya yang diterima, Selasa (5/9/2017).

Dia memperkirakan, masih ada kemungkinan harga saham LSIP naik hampir 25%. Sementara, harga rata-rata terakhir saham LSIP, berada di kisaran Rp1.360. Namun, hal itu tergantung bagaimana prospek harga CPO ke depannya.

“Masih terdapat potensi kenaikan harga saham LSIP sebesar 24,43% dari harga saat ini di level 1.360, Jika harga saham LSIP menyentuh level 1.259, maka akan terdapat potensi kenaikan sebesar 30%,” paparnya lebih lanjut.

Untuk Laba Per Lembar Saham (Earning Per Share/EPS) dari saham LSIP, berdasarkan perhitungannya bisa tumbuh sekira 49%. “EPS tahun 2016 sebesar Rp87, menjadi Rp130, di akhir tahun ini. Hal ini di dukung oleh kenaikan produksi CPO di tahun 2017 ini.

“Dengan melihat grafik harga saham LSIP selama 5 tahun terakhir, maka terlihat tren harga saham LSIP adalah tren turun mengikuti pergerakan harga CPO dunia. Dengan potensi sedang up trennya harga CPO dunia maka harga saham LSIP kami prediksi akan bergerak naik dari level sekarang,” jelasnya.

Dia menambahkan, dengan mengikuti pergerakan harga saham LSIP, maka di antara posisi Price Book Value (PBV) sekira 1x adalah posisi beli untuk LSIP. Sedangkan level jualnya ada di antara level harga 1.800-2.000.

“Sehingga kami melihat saham LSIP di harga saat ini adalah momen yang tepat untuk dibeli,” tandasnya.

Post Terkait