Bagaimana Kalau Lewat Tol Tak Bawa Uang Elektronik?

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) menegaskan, seluruh ruas tol di Indonesia tak lagi akan melayani transaksi tunai per tanggal 31 Oktober 2017 nanti. Lantas, bagaimana kalau sampai ada mobil yang masuk ke ruas tol tapi tak membawa uang elektronik?

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna mengatakan, jika mobil tersebut tak masuk dalam antrean atau masih bisa disuruh keluar dari badan tol, maka mobil tersebut akan disuruh keluar dari ruas. Namun jika sudah terlanjur, pihaknya telah menerapkan standar jumlah penyediaan uang elektronik yang bisa dibeli di gerbang tol tersebut.

“Kalau tidak ada non tunai, ya tidak bisa masuk, kalau tidak ada kartunya. Karena kalau di gardu, juga tidak disediakan uang kembalian. Tapi juga akan disediakan untuk membeli kartu. Jadi uangnya dibeli di situ,” katanya saat ditemui dalam jumpa pers di kantor pusat Jasa Marga, Jakarta, Jumat (8/9/2017).

Hal lainnya yang diantisipasi adalah kurangnya saldo uang elektronik yang dimiliki. Meski masih terbatas, namun akan disediakan fasilitas top-up di beberapa gerbang tol.

Namun demikian, ia menyarankan masyarakat untuk lebih mengecek saldo uang elektroniknya jika ingin melakukan perjalanan lewat tol. Sekaligus membiasakan melakukan top-up lewat fasilitas mobile banking yang sudah tersedia di masing-masing bank penerbit uang elektronik.

“Jadi disediakan fasilitas top up di gardu tapi mungkin terbatas. Tapi saya sarankan, pengguna kan punya handphone. Jadi pakai mobile banking tadi biar mudah. Perjalanan kan ada planning,” tutur Herry

“Selama ini kan selalu salah satu isunya top up. Tadi Mandiri dan BNI sudah bilang, top up bisa lewat mobile banking dan NFC. Jadi enggak perlu ke ATM. Mobile banking kita dorong lebih besar lagi, bahwa top up bisa dilakukan dengan mobile banking dan handphone yang ada NFC nya,” jelasnya.

Pihaknya bersama dengan Bank Indonesia juga terus mendorong perbankan dan BUJT untuk terus menyediakan jenis kartu multibank yang bisa digunakan untuk transaksi, termasuk bank BCA.

Post Terkait