Awal Pekan, Rupiah Dibuka Menguat ke Level Rp 13.453 per Dolar AS

Nilai tukar rupiah kembali menunjukkan tren penguatan. Pada pembukaan perdagangan hari ini, Senin (16/10/2017) rupiah dibuka menguat 40 poin ke level Rp 13.453 per dolar AS dari perdagangan sebelumnya yang berada di kisaran Rp 13.498 per dolar AS.

Pascamelemah, laju rupiah kembali menguat seiring kembali melemahnya laju dolar AS karena berbagai macam faktor, terutama masih adanya pertanyaan akan kepastian kenaikan suku bunga The Fed.

Sementara dari dalam negeri, masih bergulirnyaa progres pembangunan infrastruktur dari pemerintah menjadi katalis positif buat Rupiah.

Menurut Analis Senior Binaartha Sekuritas, Reza Priyambada, pelemahan tipis rupiah diharapkan dapat terjaga agar tidak kembali masuk dalam pelemahannya.
Masih adanya sejumlah sentimen positif dari dalam negeri diharapkan dapat menjadi stimulus positif bagi kembali menguatnya laju rupiah. Termasuk juga pergerakan dolar AS yang sedang melemah diharapkan dapat dimanfaatkan Rupiah untuk dapat menguat.

Namun, lanjut Reza tetap penting untuk mewaspadai berbagai sentimen yang dapat kembali menahan potensi penguatan rupiah.

“Diperkirakan rupiah akan bergerak dengan kisaran pada kisaran support Rp 13.530 dan resisten Rp 13.484 per dolar AS,” pungkas Reza.

Post Terkait