Aktifkan Lagi Jalur KA Sukabumi-Cianjur-Bandung, Jokowi Targetkan 2019 Mulai Dikerjakan

Presiden Joko Widodo juga berencana untuk mengaktifkan kembali jalur KA Cianjur-Bandung sepanjang 44 km. Jokowi meminta proyek ini bisa dikerjakan 2019 mendatang.

Menurutnya, dia masih meminta revitalisasi total jalur Sukabumi, Cianjur menuju ke Bandung dilihat dihitung kembali. Ditargetkan, dalam dua tahun ke depan peninjauan tersebut bisa rampung dan dapat dikerjakan.

Sekadar informasi, jalur kereta api (KA) Bandung-Cianjur-Sukabumi ditutup sejak 1980-an. Saat ini, proyek tersebut sedang ditangani satuan kerja Departemen Pehubungan yang melakukan proses revitalisasi dan aktivasi jalur tersebut.

Pasalnya, sampai tahun 2002 layanan KA dari Bandung ke arah Sukabumi sebenarnya masih ada, tetapi hanya sampai stasiun Lampegan (antara Cianjur dan Sukabumi). Itu pun terhenti karena banyaknya rembesan air yang masuk ke terowongan Lampegan.

Pembukaan kembali jalur tersebut pun dininali memiliki nilai strategis, karena selain memiliki potensi besar untuk angkutan penumpang dan angkutan barang juga memungkinkan untuk pengembangan KA wisata.

Dengan operasionalnya kembali jalur Bandung-Sukabumi berarti akan memudahkan akses transportasi masyarakat di daerah-daerah yang jauh dari jalan raya. Terutama di kawasan sekitar Stasiun Cibeber, Stasiun Lampegan dan Stasiun Cireungas.

Masyarakat di kawasan tersebut memang yang paling rajin meminta KA ke Sukabumi dioperasikan kembali. Karena dengan kondisi saat ini, mereka harus mengeluarkan biaya yang relatif besar jika akan pergi ke Cianjur atau Sukabumi.

Post Terkait