5 Pilihan Menyimpan Uang yang Dijamin Aman

Menabung merupakan kegiatan positif yang wajib dan perlu dilakukan setiap orang. Banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari menabung. Dengan adanya tabungan, tentu saja kondisi keuangan menjadi lebih stabil. Terlebih lagi, Anda tidak mengetahui hal apa yang terjadi di masa depan. Dengan adanya tabungan, Anda sudah membuat persiapan untuk mengatasi segala risiko yang mungkin saja terjadi ke depannya.

Lalu, bagaimana cara yang tepat untuk menyimpan uang tabungan? Jika Anda hanya menyimpannya di rumah, tentu saja hal ini cukup membahayakan. Hal ini karena tidak adanya fasilitas keamanan yang menjamin penyimpanan uang Anda tersebut. Nah, berikut ini ada beberapa tips aman untuk menyimpan uang yang dapat dilakukan.

1. Gunakan Safe Deposit Box

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk menyimpan uang dengan aman adalah dengan menggunakan safe deposit. Cara ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang memang ingin menyimpan dalam rumah apalagi dalam jumlah yang cukup banyak. Anda bisa menggunakan safe deposit box yang berukuran sedikit besar dan berat. Setidaknya, mampu untuk diangkut satu orang. Jangan menggunakan safe deposit yang kecil dan ringan.

Tak hanya dapat digunakan untuk menyimpan uang, Anda juga dapat menggunakannya untuk menyimpan surat-surat berharga, seperti sertifikat rumah dan surat berharga lainnya dengan aman. Saat ini ada beberapa bank yang menawarkan fasilitas atau jasa untuk safe deposit box yang dapat Anda pilih. Dengan begitu, nantinya dapat Anda manfaatkan untuk menyimpan uang yang dimiliki. Selain aman, tentunya menyimpan uang juga terasa lebih nyaman.

2. Ubah ke dalam Bentuk Investasi

Cara lain yang bisa Anda lakukan lainnya adalah dengan menginvestasikannya. Saat ini ada banyak jenis investasi yang bisa Anda lakukan. Mulai dari investasi properti, investasi emas, investasi deposit, dan masih banyak lainnya. Yang terpenting adalah pilihlah jenis investasi yang memang Anda pahami proses-proses di dalamnya. Anda juga bisa memilih jenis investasi yang memang Anda sukai.

Jika bisa, simpanlah dana Anda dalam beberapa bentuk investasi. Jangan menyimpannya dalam satu jenis investasi saja. Ketika Anda menyimpannya dalam beragam jenis investasi, risiko untuk kehilangan uang juga semakin kecil. Mengapa? Jika salah satu investasi Anda mengalami kerugian, investasi lainnya masih bisa diandalkan. Dengan begitu, nantinya uang Anda masih dapat terselamatkan.

3. Proteksi Uang dengan Asuransi

Anda juga bisa mencoba melindungi uang yang Anda simpan dengan menggunakan asuransi. Yang dimaksud di sini adalah uang yang Anda simpan tersebut akan dilindungi secara langsung oleh pihak asuransi. Dengan begitu, lebih terjamin keamanan dan kenyaman dalam menyimpan uang Anda tersebut. Pastikan jika uang yang Anda simpan tersebut diproteksi asuransi yang memang sesuai. Ketika terjadi risiko kehilangan, uang Anda akan tetap aman dan akan diganti dengan nilai nominal yang sama.

4. Produk Perbankan

Cara ini mungkin yang paling sering dilakukan kebanyakan orang saat ini. Hampir setiap bank menawarkan produk tabungan dengan beragam fasilitas menguntungkan di dalamnya. Anda hanya perlu menyetorkan uang yang nantinya akan disimpan pihak bank. Bahkan, Anda juga dapat mengambil tabungan Anda kapan pun Anda mau. Jika menginginkan produk tabungan yang dapat diambil pada jangka-jangka waktu tertentu saja, Anda bisa mencoba menyimpan uang dalam bentuk deposito. Biasanya uang Anda dapat diambil dalam jangka waktu 3, 6, 9, hingga 12 bulan, bahkan lebih. Dengan begitu, nantinya uang yang tersimpan tidak akan mudah diambil sebelum jangka waktu yang sudah ditentukan.

5. Lakukan Menabung Sedari Dini

Jangan menunda untuk menabung. Lakukan sedari dini sehingga nantinya masa depan keuangan Anda akan lebih terjamin. Gunakan tempat-tempat yang aman dan terpercaya untuk menyimpan tabungan sehingga nantinya Anda juga merasa nyaman dan aman saat menabung.

Post Terkait