2018 Tinggal Hitungan Hari, Segera Siapkan Rencana Keuangan

Desember telah tiba, dan 2017 pun akan segera berakhir. Di mana rencana resolusi tahun baru Anda bisa jadi hanya menjadi kenangan. Namun tak perlu khawatir, Anda belum terlambat untuk menyelesaikan tahun ini dan mempersiapkan diri untuk 2018 yang jauh lebih baik. Anda bisa mengecek hal-hal berikut ini, hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan:

1. Anggaran Rencana Liburan

Jika Anda memiliki rencana berlibur tahun depan, ada baiknya Anda mulai mengalkulasi seberapa banyak yang benar-benar dibutuhkan untuk liburan, hadiah, makanan, dekorasi dan sebagainya.

Riset dari Bank TD di 2006, ditemukan bahwa 80% dari orang-orang menghabiskan banyak uang untuk biaya liburan. Hal ini menyebabkan kita memiliki pengeluaran yang harus dibayarkan lebih tinggi, dan tidak memiliki uang di Januari berikutnya. Jangan lakukan secara berlebihan dan Anda bisa memulai keuangan di 2018 yang lebih baik.

2. Menabung untuk Biaya Kesehatan

Ada baiknya jika Anda memiliki asuransi. Jadi Anda tidak perlu khawatir jika sewaktu-waktu terkena musibah dan membutuhkan biaya yang cukup besar. Dengan memiliki akun asuransi maka uang yang Anda miliki tidak akan ada batasan waktunya. Jadi jangan takut untuk segera menghabiskannya dari sekarang. Kemudian Anda bisa menggunakan di tahun depan.

Namun jika kebetulan Anda tidak memiliki atau tidak menggunakan asuransi kesehatan, ada baiknya Anda mulai persiapkan jauh-jauh hari sebelumnya, bisa dengan berinvestasi maupun dengan menabung. Terkadang menabung saja tidak cukup, jika memang Anda membutuhkan biaya perawatan kesehatan yang lebih besar dari tabungan yang Anda miliki.

3. Berinvestasi

Investasi memang selalu menjadi hal terbaik dalam mengatur keuangan. Selain memiliki cadangan keuangan, Anda juga bisa menghasilkan lebih banyak dari investasi. Misalnya, berinvestasi di bidang properti, maka jika sewaktu-waktu membutuhkan uang yang cukup besar untuk biaya pendidikan misalnya, maupun untuk biaya kesehatan, Anda bisa menjual atau menyewakan investasi properti tersebut.

Post Terkait